Sunday, November 18, 2012

Jangkauan Sinyal dalam Gedung dan Mall

Barangkali anda pernah iseng memperhatikan plafon di sebuah gedung atau pusat perbelanjaan, anda menemukan sebuah mangkok putih mirip lampu dengan logo operator. Itu sebenarnya adalah antena indoor, yang terhubung dengan sebuah tower bts, yang biasanya ada di atap gedung.

Fungsi antena indoor adalah agar ponsel kita, ketika berada di dalam gedung tetap mendapatkan coverage sinyal yang bagus. Karena sinyal dari tower yang ada di outdoor, belum tentu mampu menembus masuk ke dalam bangunan tinggi atau ruangan yang rapat.

Untuk menjaga jangkauan sinyal bagi pelanggan, maka tak jarang operator melakukan investasi dengan memasang antena indoor di pusat-pusat perbelanjaan. Terlebih, biasanya di mall atau pusat perbelanjaan tersbut ada counter atau gerai resmi milik operator seluler. Jadi imej operator tersebut harus dijaga, karena pelanggan mungkin masih maklum ketika tidak bisa melakukan panggilan, tetapi sinyal penuh. Daripada tidak ada sinyal sama sekali. Hal yang tidak bisa diterima oleh pelanggan, ketika tidak ada sinyal di suatu lokasi.


Idealnya, semua sudut dan semua lantai gedung bisa dicover oleh antena indoor tersebut. Tetapi dalam kenyataannya tidak ada kondisi yang benar-benar ideal, karena pasti ada sudut-sudut tertentu yang mungkin masih sulit untuk dijangkau sinyal, karena lokasi atau posisinya.

Sebenarnya setiap pemasangan antena indoor, pastilah sudah dilakukan perencanaan dengan baik dan pengecekan oleh tim Drive Test. Drive Test Engineer inilah yang memastikan kondisi sinyal dengan berjalan kaki mengelilingi lantai gedung, mengambil sampel data kuat sinyal dan sebagainya dari setiap sudut lantai.

Bagi drive test engineer (kita sebut saja drivetester atau DT), melakukan walktest adalah sesuatu. Maksud saya, sangat berkesan. Bisa jadi menyenangkan, atau bisa jadi sebaliknya. Karena tak jarang, harus menghadapi prosedur yang membuat mereka dilempar-lempar antar bagian manajemen gedung. Atau bisa jadi karena jumlah lantainya yang wow. Akan saya bahas terkait walktest ini dalam sebuah bahasan tersendiri.

1 comment:

  1. klo ingin menempatkan alat tsb (spt diatas) di dalam rumah agar sinyal tersedia (penuh) memungkinkan gk ya..??

    ReplyDelete