Sunday, November 25, 2012

Tentang Tim Drive Test

Tim Drive Test, adalah salah satu tim yang berjasa berada di balik sinyal yang kita nikmati selama ini. Tim Drive Test, sering disingkat sebagai DT saja. DT adalah suatu tim yang bergerak ke lapangan, untuk mengambil sampel experience pelanggan. Jadi DT akan merasakan apa yang dirasakan oleh pelanggan. Berbeda dengan pelanggan, yang mengukur kuat sinyal dengan hanya kira-kira saja, DT mampu merekam dan menyimpan hasilnya dalam sebuah file.

Sebenarnya apa saja yang dilakukan tim DT? Berapa orang dalam satu tim tersebut, dan apa aja peralatan yang dipakai untuk pengecekan sinyal?



Tools
Tim DT memerlukan beberapa tools dasar yang harus dimiliki. Diantaranya adalah laptop, gps (wajib untuk outdoor) dan tentu saja ponsel. Ponsel yang digunakan biasanya ponsel khusus yang meskipun tampilan fisiknya sama seperti ponsel biasa, tetapi sudah terinstall software khusus yang mampu merekam parameter seperti kuat sinyal, kualitas sinyal dan kualitas suara panggilan.

Driver Tim DT
Biasanya tim DT terdiri dari dua orang saja, tetapi tak jarang juga yang terdiri dari 3 orang. Yaitu seorang driver mobil, rigger dan tentu saja DT Engineer sebagai otak dan sekaligus pemimpin dalam tim tersebut. Driver mobil di tim DT menurut saya seharusnya adalah orang *pilihan* dalam arti, mereka memang punya dedikasi yang tinggi untuk pekerjaannya. Karena terkadang, pekerjaan tersebut menuntut waktu dan tenaga yang lebih, dan stamina tim DT ada pada driver tersebut. Dan semangat, adalah hal terakhir yang harus selalu tersisa pada sang driver, tak boleh hilang meskipun tenaga sudah terkuras.

Rigger
Rigger adalah seorang yang memiliki keahlian memanjat tower BTS dan melaukan audit antenna di atas. Rigger yang bagus, mempunyai kecepatan dan ketelitian. Karena memanjat tower BTS adalah satu hal, memanjat berbagai tower punya teknik tersendiri. Dan sesampainya di atas, akan ada banyak tantangan menanti. Ada lebah, serangga, hingga burung yang siap mematuk, dan terkadang tower yang licin. Ada banyak cerita tentang hal tersebut dari teman saya yang pernah menjadi seorang rigger. Selain tenaga, rigger dituntut untuk teliti, karena orientasi antenna, tilting (kemiringan antenna) sangat bergantung dengna ketelitian mereka. Peran rigger sama sekali tak boleh dikesampingkan. Mereka punya andil besar dalam menentukan coverage (jangkauan) sinyal.

DT Engineer
Dan orang yang paling penting dalam tim DT adalah DT Engineer. Sering frase "tim DT" digunakan untuk merujuk DT Engineer. Karena bisa jadi driver dan rigger untuk seorang DT Engineer berganti-ganti orang. Tetapi DT Engineer biasanya tetap, rigger dan driver lah yang kadang secara bergantian dipasangkan dengan DT Engineer. Seorang DT Engineer, adalah nahkoda kapal, dia yang menentukan kemana mobil akan dibawa, sesuai dengan rute yang harus dia lewati. DT Engineer juga menentukan seberapa cepat mobil harus melaju, saya pernah meminta driver untuk berjalan dengan kecepatan 5 km/jam hingga 10 km/jam.

Seorang DT Engineer, idealnya dituntut mengerjakan tugas tanpa banyak bertanya. Pekerjaan adalah pekerjaan, alasan di balik itu terkadang tak perlu tahu, atau tidak boleh tahu. Seperti seorang prajurit yang ada di garis depan. Komando dari belakang sifatnya mutlak dan tidak ada waktu untuk bertanya. Karena biasanya pekerjaan datang untuk tim DT secara tiba-tiba. Dan deadline yang diberikan biasanya hanya dalam hitungan jam, terkadang hari. Terlebih jika itu adalah pekerjaan menangani kasus customer complaint.

Seorang DT Engineer, seharusnya bisa melakukan pekerjaan sembari menganalisa  apa yang terjadi di lapangan. Meskipun terkadang, apa yang dia lihat hanya sebatas experience pelanggan saja. Untuk itulah semakin banyak informasi yang diterima oleh DT Engineer, seharusnya itu semakin memudahkan pekerjaannya. Karena jika masalah dan metode yang digunakan untuk verifikasi tidak nyambung, maka yang terjadi hanya buang waktu dan tenaga saja. Misalnya masalah terjadi pada layanan data, tetapi yang dites adalah layanan SMS.

Di kesempatan lain, saya akan bahas tentang beberapa metode DT.

6 comments:

  1. Terimakasih atas infonya.. semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kembali, lama gak ngecek blog. Ternyata masih ada yang baca...

      Delete
  2. Secara umum ada 2:
    Office = Excel, Power point (buat report)
    Software Telco = Mapinfo, TEMS, NEMO, Probe

    Selain menguasai programnya, kalo bisa sambil DT juga asah analisanya. Biar bisa cepet jadi RF engineer setingkat lebih tinggi.

    ReplyDelete
  3. Kasih tau tutorial awal DT sampai akhir dong

    ReplyDelete
  4. malam bang, saya mau nanya2 lebih jauh tentang dunia telekomunikasi, terimakasih bang

    ReplyDelete