Saya ingin sedikit berbagi tentang pengalaman kerja saya,
yang menangani berbagai keluhan pelanggan. Untuk saat ini, salah satu pekerjaan
saya adalah memberikan support pada CS salah satu operator telekomunikasi di
Indonesia. Support yang saya berikan berupa data performance dari jaringan, khususnya 2G. Untuk bagian 3G, ada rekan
saya yang khusus menangani hal tersebut.
CS atau customer service atau customer care yang sesekali
anda telepon ketika anda menghadapi masalah bukanlah robot atau mesin yang bisa
menjawab semua persoalan anda. Ada hal teknis, terutama terkait sinyal yang
mereka tidak akan bisa menjawab kecuali melakukan konfirmasi terlebih dulu
dengan tim teknis, salah satunya adalah saya dan teman saya. Itulah mengapa
terkadang mereka akan meminta anda menunggu entah 1x24 jam atau beberapa jam
dan anda akan dihubungi kembali via sms atau telepon. Mereka butuh waktu untuk
memberikan penjelasan.
Sinyal Tidak Stabil
Tak jarang, kami menemukan komplain dari pelanggan yang
membingungkan, misalnya keluhan "sinyal tidak stabil", menurut saya
itu masih tidak jelas atau ambigu. Karena sebenarnya ada tiga jenis layanan
dasar yaitu layanan voice, sms dan internet atau data. Nah, masing-masing
layanan itu punya karakter yang berbeda. Misalnya ketika kuat sinyal yang
diindikasikan dengan jumlah bar yang tidak penuh, maka mungkin berimbas pada kecepatan
internet yang lemot. Atau telepon
yang terputus, dan sms yang susah untuk dikirim. Akan lebih mudah sebenarnya,
jika komplain anda misalnya "sinyal tidak stabil, kecepatan internet
kadang lemot". Karena bisa saja, meskipun jumlah bar pada ponsel
menunjukkan sinyal penuh, tetapi kecepatan internet ternyata tetap lambat.
Sebenarnya semua masalah tersebut ada penjelasannya.
Saya tidak tahu, karena saya belum pernah mendengar rekaman
atau menerima langsung keluhan dari pelanggan. Bisa jadi keterangan
"sinyal tidak stabil" adalah upaya dari CS untuk menyederhanakan
berbagai kalimat keluhan atau bahkan umpatan dari pelanggan yang tidak puas
dengan kualitas jaringan. Atau bisa jadi memang itu benar-benar frase yang
digunakan oleh pelanggan.
Edge Kecil
Salah satu komplain pelanggan yang membuat kami pusing
adalah "edge kecil". Komplain ini sering disampaikan oleh pengguna
blackberry terutama blackberry 2G. Indikator sinyal EDGE (edge besar) yang ada
di pojok kanan atas layar, itu artinya jaringan normal. Jika sinyal edge,
meskipun jumlah bar-nya full, itu
artinya layanan blackberry tidak bisa digunakan. Bisa jadi karena paket
blackberry yang belum aktif, atau memang ada masalah terkait jaringan.
Nah,
sebenarnya ada beberapa kemungkinan tentang tersedianya layanan blackberry ini:
GSM : tidak ada
layanan data, hanya telepon
Gprs : layanan
data tersedia, tetapi tidak ada layanan
blackberry
GPRS : layanan data
dan blackberry tersedia
edge : layanan
data tersedia, tetapi tidak ada layanan
blackberry
EDGE : layanan data
dan blackberry tersedia
Bagi kami "orang radio", selama masih ada layanan
data sebenarnya artinya tidak ada masalah dengan sinyal. Karena tak jarang,
masalah ketersediaan layanan blackberry terjadi di sisi RIM. Pernah ada
kejadian dimana semua operator di Indonesia mengalaminya, karena ada gangguan di
server RIM. Jadi meskipun sinyal penuh, tetapi layanan blackberry tidak bisa
digunakan.
Tetapi, ada juga beberapa hal yang menurut saya memang
terjadi karena ada masalah dari sisi radio. Saya belum yakin benar, hanya saja,
ini kerap terjadi. Misalnya ketika jumlah traffic pengguna layanan data begitu
tinggi, salah satu yang imbasnya adalah banyak masalah yang kerap terjadi
seperti edge kecil, disamping kecepatan internet yang lambat. Dan sepertinya congestion
(kemacetan karena tingginya traffic) bisa menjadi bottle neck, meskipun
tidak ada masalah dari sisi RIM. Ini karena data layanan blackberry dari server
RIM, tetap melalui jaringan layanan data operator.
Hal lain yang cukup memusingkan adalah SOS di blackberry,
yang di ponsel lain tidak ada masalah. Akan saya bahas di kesempatan berikutnya.
This comment has been removed by the author.
ReplyDelete